Sabtu, 27 Oktober 2012

Artificial Intellegence

Artificial Intelligence merupakan proses dimana peralatan mekanik dapat melaksanakan kejadian-kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasan seperti manusia.

Sejarah Dari AI

Pada awal abad 17, Rene Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat deprogram.

Betrand Russel dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang ngerombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan “kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam aktivitas”. Pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.

Tahun 1950-an, Alan Turing mengusulkan tes untuk melihat bisa atau tidaknya mesin memberikan respon terhadap serangkaian pertayaan (agar mesin dapat dikatakan cerdas).
Istilah “Artificial Intelligence” dimunculkan oleh John McCrthy (MIT), tahun 1956 pada Dartmouth Conference. Dalam konferensi itu juga didefinisikan tujuan AI, yaitu mengetahui dan memodelkan proses-proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakuan manusia tersebut.

Awal pekerjaan dipusatkan pada seperti game playing (misalnya: audio dengan kecerdasan dan permainan catur (chees player), pembuktian teorema pada tugas-tugas formal.

Samua (1963) menulis sebuah program yang diberi nama check-er-playing program, yang tidak hanya untuk bermain game, tetapi digunakan juga pengalamannya pada permainan untuk mendukung kemampuan sebelumnya.

Catur juga diterima, karena banyak sekali perhatian terhadap permainan catur yang merupakan permainan yang lengkap atau kompleks, program catur di sini situasinya harus jelas dan rule atau ketentuannya harus seperti dunia nyata. Kandidat AI harus mampu menangani masalah-masalahyang sulit.

Logic Theorist diawal percobaan untuk membuktikan teorema matematika. Ia mampu membuktikan beberapa teorema dari bab 1 prinsip Matematika Whiteheat yaitu geometri.
Pada tahun 1963, pemecahan masalah umum menggunakan objek, pembuktian dengan atraksi (eksternal).

Dari awal pekerjaan AI ini memindahkan lebih khusus tugas yang sering berguna, antara lain :

a. Tugas biasa / keduniaan (Mundane Tasks)
1. Persepsi : vision, speech
2. Natural Language : understanding, generation, translation
3. Commonsence Reasoning (pertimbangan berdasarkan pikira):robot control
b. Tugas Formil (formal tasks)
1. Games : chess, checkers
2. Matematics : geometri, logic, proving properties of programs
c. Tugas Ahli (Expert Tasks)
1. Tekhnik : design, fault diagnosis, planning
2. Scientific analysis
3. Medical : diagnosis & therapy

Artificial Intelligence (AI) dan Kognisi Manusia

Artificial Intelligence, computer dan program-programnya yang menakjubkan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidup manusia.

Kecerdasan buatan, cabang ilmu computer yang berhubungan dengan pengembangan computer (hardware) dan program-program computer (software) yang mampu meniru fungsi kognisi manusia.

Kecerdasan buatan mencakup hasil dari produk computer yang dinilai cerdas jika dihasilkan oleh manusia.

Intelegensi adalah kemampuan untuk memperoleh, memanggil kembali (recall), dan menggunakan pengetahuan untuk memahami konsep-konsep abstrak maupun konkret dan hubungan antara objek dan ide, serta menerapkan pengetahuan secara tepat.

Nickerson, Perkins & Smith (1985), beberapa kemampuan yang mempresentasikan intelegensi manusia :

a. Kemampuan mengklasifikasikan pola
b. Kemampuan memodifikasi perilaku secara adaptif
c. Kemampuan berpikir secara deduktif
d. Kemampuan berpikir secara induktif (generalisasi)
e. Kemampuan mengembangkan dan menggunakan model konseptual
f. Kemampuan memahami atau mengerti

ELIZA, PARRY, dan NETtalk


Tahun 1950an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di Unviersity Of Manchester (UK). Sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christoper Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarty membuat istilah “kecerdasan buatan” pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan “Turing tes” sebagai sebuah cara untuk mengopersionalkan tes perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membaun ELIZA sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterpai Rogerian. ELIZA merupakan salah satu program computer pertama yang mampu berkomunikasi, ELIZA ditulis oleh Joseph Weizenbaum (1966).

PARRY Colby, Hilf, Webber dan Kraemer (1972) mensimulasikan seorang pasien, dan menyebut program ini PARRY, karena ia mensimulasi seorang pasien paranoid. Mereka memilih seorang paranoid sebagai subyek karena beberapa teori menyebutkan bahwa proses dan sistem paranoia memang ada, perbedaan respon psikotis dan respon normalnya cukup hebat, dan mereka bisa menggunakan penilaian dari seorang ahli untuk mengecek keakuratan dari kemampuan pemisahan antara respon simulasi computer dan respon manusia.

NETtalk program ini jenisnya cukup berbeda, berdasarkan oada jarring-jaring neuron, sehingga dinamakan NETtalk. Program ini dikembangkan oleh Sejnowki disekolah medis Harvard dan Rosenberg di Universitas Princeton. Dalam program ini, NETtalk membaca tulisan dan mengucapkannya keras-keras.

Referensi :

1. https://webdosen.budiluhur.ac.id/dosen/930011/Kuliah/buku_AI.PDF
2. http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&ved=0CCEQFjAB&url=http%3A%2F%2Fjournal.mercubuana.ac.id%2Fdata%2F1a-AI.doc&ei=kWWKUP7ELIizrAeUo4GYAw&usg=AFQjCNGs6DiHHrQLv4f4TBkQwb5YmYpOuw&sig2=hHtkvByil1GQf1VZbWFFJg
3. http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/451/jbptunikompp-gdl-enjelwijay-22502-2-unikom_e-i.pdf
4. http://informatika-unkris.ac.id/img/buku/sistem-pakar-5.pdf
5. http://herianto.unsada.ac.id/wp-content/uploads/2008/05/membuat-prototype-sistem-pakar.pdf
6. http://psikology09b.blogspot.com/2011/06/kecerdasan-buatan.html
7. http://juniditha.wordpress.com/2012/10/26/sistem-informasi-psikologi-5-sejarah-ai-ai-dan-kognisi-manusia-ai-dan-sistem-pakar/
8. http://neezasty.wordpress.com/2011/09/29/kecerdasan-buatan-artificial-intelligence/#more-554
9. http://pengertiandaninfo.blogspot.com/2012/10/sejarah-artificial-intelligence.html
10. http://www.psychologymania.com/2011/10/artificial-intelligence-kecerdasan.html

Minggu, 21 Oktober 2012

DATA

DATA

Kata data berasal dari DATUM yang berarti materi atau kumpulan fakta yang dipakai untuk keperluan suatu analisa, diskusi, presentasi ilmiah, atau tes statistic. Bila dilihat dari menurut asal sumbernya, data dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu data primer dan data sekunder. Sehingga setiap penelitian pasti memerlukan data sebagai bahan analisa.

MEMORI

Memori merupakan bagian dari computer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti computer yang digunaka sebagai media penyimpanan data dan informasi saat menggunakan computer. Memori merupakan bagian yang penting dalam computer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit).

Memori utama computer (Main Memory atau Main Storage atau Primary Storage) dapat diumpamakan Short Term Memory pada manusia, sehingga hanya bersifat amat sementara (ingatan hilang bila listrik dipadamkan/ bersifat volatile). Untuk menjadikannya Long Term Memory, maka data yang akan diingat direkam ke media penyimpanan sekunder (secondary memory). Banyak alat yang ditawarkan untuk menyimpan data digital, seperti hard disk, disket, magnetic tape, compact disc, dan sebagainya.
Secara umum, media penyimpanan sekunder dibagi atas 2 jenis, yaitu (1) Sequential Access Storage Device (SASD), dan (2) Direct Access Storage Device (DASD).

SASD

SASD akses data secara tidak langsung (berurutan), seperti pita magnetik memiliki prinsip kerja seperti sebuah kaset lagu, yaitu jika kita akan merekam atau mendengarkan lagu, maka lagu kedua didahului lagu pertama, dan seterusnya. Cirri-ciri dari SASD ini adalah proses pembacaan rekaman harus berurutan, tidak ada pengalamatan, data disimpan dalam blok-blok secara sequential, proses write hanya bisa dilakukan sekali saja, kecepatan akses datanya, sangat tergantung (kerapatn pita, kecepatan pita, dan lebar celah/gap antar blok). Kelemahan dari SASD ini adalah akses langsung terhadap data lambat, memerlukan penafsiran terhadap mesin, masalah lingkung. Keuntungan dari SASD ini panjang record tidak terbatas, densitas data tinggi, harga relative murah, kecepatan transfer data tinggi.

DASD

DASD dimana ia mempunyai akses langsung terhadap data. Memiliki prinsip kerja seperti sebuah CD lagu, kita tidak perlu menyetel lagu pertama jika ingin mendengarkan lagu kedua. Contoh : Magnetik (Floppy disk, hard disk), Removable hard disk (zip disk, flash disk), optical disk. DASD ini memiliki ciri pembacaan rekaman tidak harus urut, mempunyai alamat, data dapat disimpan dalam karakter atau blok, proses write dapat dilakukan beberapa kali.

BATCH PROCESSING

Batch Processing adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut, setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu data-data tersebut akan langsung diproses.

Contoh dari penggunaan batch processing adalah email dan transaksi batch processing. Dalam suatu system batch processing, transaksi secara individual di entri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu dan ditambahkan ke transaksi file yang berisi transaksi lain dan kemudian di entri ke dalam system secara periodic. Di waktu kemudian, selama siklus pengolahan berikutnya, transaksi file dapat divalidasi lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk mengupdate master file yang berkaitan.

ONLINE PROCESSING

Online Processing merupakan sebuah system yang mengaktifkan semua peripheral sebagai pemasok data dalam kendali computer induk. Informasi-informasi yang muncul merupakan refleksi dari kondisi data yang paling mutakhir, karena setiap perkembangan data baru akan terus diupdatekan ke data induk.

Contoh dari penggunaan processing adalah transaksi online (e-commerce, ebay, internet banking, reservation ticket, pendaftaran online, dll). Dalam system pengolahan online, transaksi secara individual di entri melalui peralatan terminal, divalidasi dan digunakan untuk mengupdate dengan segera file computer. Hasil pengolahan ini kemudian tersedia segera untuk permintaan keterangan atau laporan.

Salah satu contoh perkembangan online processing (e-commerce) perkembangan tekhnologi saat ini sangatlah pesat. Kebutuhan masyarakat akan informasi pun meningkat seiring berkembangnya tekhnologi informasi. Perkembangan tekhnologi informasi yang paling berkembang di masyarakat saat ini adalah tekhnologi jaringan internet yang bisa memenuhi kebutuhan akan informasi dengan cepat.

REAL TIME

Real time merupakan kondisi pengoperasian dari suatu system perangkat keras dan perangkat lunak yang dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggang waktu yang jelas, relative terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi terjadi. Sebuah system non waktunyata sebagai lawannya tidak memiliki tenggang waktu, contoh dari sebuah system waktu nyata adalah system pengendali pesawat terbang. Batasan waktu pada system pengendali pesawat terbang harus tegas karena penyimpangan terhadap batasan waktu dapat berakibat fatal yaitu kecelakaan. Real time adalah keadaan yang sedang berjalan, apa yang kita rasakan, dengarkan dan lihat pada saat itu. Situasi waktu nyata akan menjadi jelas bila kita menga,bil studi kasus pada system computer. Suatu system dikatakan real time jika dia tidak hanya mengutamakan ketepatan pelaksanaan intuksi/tugas tapi juga interval waktu tugas tersebut dilakukan. Dengan kata lain, system real time adalah system yang menggunakan deadline, yaitu pekerjaan harus selesai jangka waktu tertentu. Sementara itu system yang tidak real time adalah system dimana tidak ada deadline walaupun tentunya respons yang cepat atau performa yang tinggi tetap diharapkan.

Referensi :

1. http://carapedia.com/pengertian_definisi_data_menurut_para_ahli_info505.html
2. Isnaeni Nurezha, http://ichnurezha.wordpress.com/2011/03/04/perbedaan-batch-processing-dan-online-processing/
3. Cyrillus Dodi, http://cyrillusdodi.blogspot.com/2011/11/pengertian-pemrosesan-data-real-time.html
4. Amethyst Aiko, http://amethyst070188.wordpress.com/2010/10/10/memory-komputer-sedikit-tentang-dasd-dan-sasd/
5. Fitria Dewi, http://sempak-dewidewi.blogspot.com/2010/10/sasd-penyimpanan-berurutan-dasd.html
6. http://indirpan.wapsite.me/Slide%20BSI/Pemrograman%20Terstruktur/12.Organisasi%20dan%20Akses%20File
7. http://jayaputrasbloq.blogspot.com/2010/12/definisi-atau-pengertian-real-time.html
8. http://www.isomwebs.com/2012/pengertian-real-time/
9. http://beritati.blogspot.com/2010/11/batch-processing-and-online-processing.html
10. http://bhagoybhagoy.blogspot.com/2010/05/batch-processing-dan-online-processing.html
11. Suyanto. (2005). Pengantar teknologi informasi untuk bisnis. Yogyakarta Andi

Sabtu, 13 Oktober 2012

Computer Based Information System

System Informasi Manajemen merupakan system pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar sub-sistemnya system informasi manajemen akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

Sistem Informasi Manajemen berbasis computer mengandung arti bahwa computer memainkan peranan penting dalam sebuah system informasi. Secara teori, penerapan sebuah system informasi memang tidak harus menggunakan computer dalam kegiatannya.

Pengertian lain dari sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) adalah system pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.

Tetapi pada prakteknya tidak mungkin system informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya computer. System informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah computer based atau pengolahan informasi yang berbasis pada computer.

Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS yang akan dibahas pada bagian ini antara lain adalah data, informasi, system, system informasi dan basis computer sebagai kata kuncinya.

Data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi atau data merupakan kumpulan-kumpulan fakta yang ada di lapangan tapi tidak berarti.

Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.

System adalah sekelompok elemen yang bekerja sama (terintegrasi) untuk mencapai suatu tujuan atau sasaran tertentu. Organisasi atau perusahaan terdiri dari sejumlah sumber daya yang bekerja menuju tercapainya suatu tujuan tertentu yang ditentukan oleh pemilik atau manajemen.

System informasi merupakan system pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, system informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

System informasi “berbasis computer” mengandung arti bahwa computer memainkan peranan penting dalam sebuah system informasi. System informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada computer.


Sub system dari CBIS adalah :
1. Sistem Informasi Akutansi
2. Sistem Informasi Manajemen
3. Sistem Pendukung Keputusan
4. Automasi Kantor (virtual office)
5. System pakar

Kontribusi CBIS
Saat ini system informasi merupakan isu yang paling penting dalam pengendalian manajemen. Hal ini disebabkan karena tujuan dari pengendalian manajemen adalah untuk membantu manajemen dalam mengkoordinasi subunit-subunit dari organisasi dan mengarahkan bagian-bagian tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan. Dua hal yang menjadi perhatian dari definisi diatas adalah mengkoordinasi dan mengarahkan. Tentu saja dalam dua proses tersebut diperlukan satu system agar proses koordinasi dan pengarahan dapat berjalan secara efektif sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

EVOLUSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

1. Fokus awal pada Data (Electronis Data Processing-EDP)
Didukung dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines, dan perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya. Aplikasi yang digunakan system informasi akutansi (SIA).

2. Focus baru pada Informasi (Manajemen Information System-MIS)
Seiring dengan diperkenalkannya generasi baru alat penghitung yang memungkinkan pemrosesannya lebih banyak. Hal tersebut diorientasikan untuk konsep penggunaan computer sebagai system informasi manajemen (SIM), yang berarti bahwa aplikasi computer harus diterapkan dengan tujuan utama untuk menghasilkan informasi manajemen.

3. Fokus Revisi pada Pengambilan Keputusan (Decision Support System-DSS)
Merupakan hal yang berbeda dengan konsep SIM. DSS adalah system penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan serta diambil keputusannya oleh manajer.

4. Fokus sekarang pada Komunikasi (Office Automation-AO)
OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik. OA telah berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh (teleconference), voice mail, e-mail (surat elektronik), electronic calendaring, facsimile transmission, dan desktop publishing. Istilah lainnya dalam menggunakan semua aplikasi AO tersebut dinamakan dengan kantor virtual (Virtual Office).

5. Fokus potensial pada Konsultasi (Artificial Intelligence/ Expert system – AI/ES)
Ide dasar Al adalah computer dapat di program untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia. System pakar adalah suatu system yang berfungsi sebagai seorang spesialis dalam suatu bidang. System yang menggambarkan segala macam system yang menerapkan kecerdasan buatan untuk pemecahan masalah dinamakan dengan system berbasis pengetahuan (knowledge-bases systems).

Referensi :

1. Teguh Wahyono, http://www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2006/09/teguh-cbis-01.zip

2. Sri Wiji,
http://sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/18256/Modul+1+SIM.doc

3. Samruddin, http://samruddin.blogspot.com/2010/10/evolusi-cbis.html

4. http://greeaone.wordpress.com/2010/10/09/evolusi-sistem-informasi-manajemen-berdasarkan-cbis/

5. Fardiansyah, http://fardiansyah7fold.wordpress.com/evolusi-sistem-informasi-manajemen-berdasarkan-cbis-computer-base-information-system/

6. Akmal Darmawan Syarief, http://akmaldarmawansyarief.blogspot.com/2009/11/cbis-computer-based-information-system.html

7. Lisna, http://li3zn4-lisna.blogspot.com/2009/04/perkembangan-sistem-informasi-berbasis.html

8. http://kibaw90.wordpress.com/2010/01/09/kesimpulan-dari-pelajaran-sim-1/

9. Edriansa Banari, http://edriansabanari.blogspot.com/2009/12/cbis-computer-based-information-system.html

10. Erlangga Wibowo, http://actualizedream.blogspot.com/2010/10/evolusi-cbis.html?zx=de581d861a0cb24d

11. http://books.google.co.id/books?id=VFFQD2eHGYYC&pg=PA142&dq=pengertian+CBIS+menurut+beberapa+ahli&hl=id&ei=FrK3TJGOAsPBcZO_4Z8J&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=1&ved=0CCUQ6AEwAA#v=onepage&q&f=false

Sabtu, 06 Oktober 2012

Hubungan Arsitektur Komputer dengan Kognisi Manusia

ARSITEKTUR KOMPUTER

Arsitektur computer mempelajari atribut-atribut system computer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Ex. Set instruksi, aritmatika yang digunakan, tekhnik pengalamatan, mekanisme.

Arsitektur computer merupakan ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah computer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Sampai saat ini computer sudah mengalami perubahan dari model awalnya walaupun begitu semua computer memiliki arsitektur dasar yang sama.

Arsitektur computer merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu system computer, kompleks namun tidak sekompleks manusia. Arsitektur computer ini merupakan rencana deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan system interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll. Beberapa contoh dari arsitektur computer adalah arsitektur Von Neumann, CISC, RISC.

Arsitektur computer meliputi spesifikasi sekumpulan instruksi dan unit hardware yang melaksanakan instruksi tersebut. Bayak aspek pemrogaman dan komponen software dalam system computer. Sangatlah penting mempertimbangkan aspek hardware dan software pada desain berbagai computer guna mencapai pemahaman yang baik pada suatu system computer. Memperkenalkan sejumlah konsep hardware dan software, menampilkan beberapa istilah umum dan memberikan pandangan umum tentang aspek dasar subjek tersebut. Arsitektur yang dimaksud adalah untuk menggambarkan keseluruhan struktur dan susunan hal yang sangat khusus pada system kognisi manusia.

KOGNISI MANUSIA

Struktur kognisi terdiri dari 2 kata yaitu struktur dan kognisi. Menurut Piaget, struktur disebut juga scheme (skema/schemas). Struktur dan organisasi terdapat di lingkungan tapi pikiran manusia lebih dari meniru struktur realita eksternal secara pasif. Interaksi pikiran manusia dengan dunia luar mencocokan dunia ke dalam “mental framework” nya sendiri.

Struktur kognisi manusia adalah suatu unsure yang saling berhubungan antara satu sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsure bagian-bagian tubuh manusia yang menjadikan suatu system yang kompleks.

Menurut seorang tokoh yang bernama Ausabel ia mengemukakan bahwa struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan. Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan factual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur atau pengetahuan pun akan terus berkembang. Keadaan struktur kognitif yang berkembang inilah yang mungkin menjadi prasyarat bagi seseorang yang untuk mengasimilasi dan mengakomodasi pengetahuan atau informasi lain dari lingkungan sehingga struktur kognitif ini dapat memiliki kemampuan untuk berkembang.

Kognisi manusia adalah suatu unsure yang saling berhubungan antara satu sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi skema.
System kognisi terdiri dari lima proses mental, yaitu : memahami, mengevaluasi, merencanakan, memilih, dan berpikir. Proses memahami adalah proses menginterpretasi atau menentukan arti dari aspek tertentu yang terdapat dalam sebuah lingkungan. Mengevaluasi berarti menentukan apakah sebuah dalam lingkungan tertentu itu baik atau buruk, positif atau negative, disukai atau tidak disukai. Merencanakan berarti menentukan bagaimana memecahkan sebuah masalah untuk mencapai suatu tujuan, memilih berarti membandingkan alternative solusi dari sebuah masalah dan menentukan alternative terbaik, sedangkan berpikir adalah aktifitas kognisi yang terjadi dalam ke empat proses yang disebutkan sebelumnya.

HUBUNGAN ARSITEKTUR KOMPUTER DENGAN ARSITEKTUR MANUSIA

Kognisi manusia mempunyai kemampuan yang bagus tapi kognisi manusia juga memiliki banyak kekurangan . maka dari itu diciptakan kecerdasan buatan yaitu computer. Computer itu dibuat sesuai dengan system kognisi manusia dan itu dinamakan sebagai arsitektur computer yang terdiri dari CPU, input, storage dan output digunakan untuk memproses data. Sama halnya dengan cara kerja kognisi manusia dari informasi yang diperoleh (input) kemudian diproses oleh otak (storage) dan kemudian memanggil informasi yang telah diperoleh (output).

Sumber :
1. Yohanes Ari http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognisi-manusia-dan-arsitektur-komputer/
2. Muhammad Alifa Farhan, http://omalif.tumblr.com/post/26394364372
3. Ahmad Fauzi, http://ozygazebo.blogspot.com/2011/10/arsitektur-komputer.html
4. Hsutanto, http://mikrokontroler.tripod.com/6805/bab3.htm
5. Trisatya Marthadison, http://joglio.blogspot.com/2011/10/tugas-organisasi-danaksitektur.html#.UGenoJgmSaU
6. Abdul Hafiz, http://yangmantapajadeh.blogspot.com/2010/11/arsitektur-komputer.html
7. JurnalMercubuana, http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=arsitektur%20komputer&source=web&cd=13&cad=rja&sqi=2&ved=0CHUQFjAM&url=http%3A%2F%2Fjournal.mercubuana.ac.id%2Fdata%2FARSITEKTUR%2520%2520KOMPUTER1.doc&ei=caRnUKrCNI3OrQf56IHwDg&usg=AFQjCNHhkPUhW_wf2xPZbYNg1xJ4NK_7qg
8. Asih, http://asihpa3.wordpress.com/about/
9. Lisa Nofrianti, http://lisanofrianti.blogspot.com/2012/04/perbedaan-struktur-kognisi-manusia-dan.html
10. Ekky, http://ekky-psikologi08.blogspot.com/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognisi.html
11. http://books.google.co.id/books?id=2aXEg7DtCS0C&pg=PA7&lpg=PA7&dq=arsitektur+komputer&source=bl&ots=&sig=dwsM60YniwxW0VcLI4rZnDYUc6I&hl=id&sa=X&ei=TFBuUNSyCcuIrAfG3oCICg&ved=0CCwQ6AEwAA#v=onepage&q=arsitektur%20komputer&f=false
12. http://books.google.co.id/books?id=Z3LWS-xbTv4C&pg=PA53&lpg=PA53&dq=kognisi+manusia&source=bl&ots=4NEyvYYbKO&sig=VrOfXnXoCdUz1SbC8hkLbcgIrtA&hl=id&sa=X&ei=vlJuUK3YBY7KrAeA2IGIBQ&ved=0CEAQ6AEwBA#v=onepage&q=kognisi%20manusia&f=false