Minggu, 18 Oktober 2009

tugas ilmu aplikasi komputer 1b (software)

PHOTOSHOP CS4

Adobe telah merilis kumpulan aplikasi desain grafis untuk para profesional, adobe creative suite 4, dengan photoshop cs4 dan photoshop CS4 extended di dalamnya.

Photoshop CS4 merupakan aplikasi edit foto dan gambar terbaru dari adobe yang telah dilengkapi dengan fitur GPU.

Photoshop CS4 juga memudahkan banyak pekerjaan dengan fitur-fitur seperti content-aware scaling, auto-align dan auto-blends untuk foto panorama 360 derajat.

Adobe telah mengapalkan photoshop CS4 ke seluruh penjuru dunia dengan harga US$700, dan photoshop extended dilepas dengan harga US$1000.

Photoshop CS4 dengan fitur GPU membuat aplikasi ini dapat bekerjasama dengan video card pada komputer, mempercepat pekerjaan anda. Photoshop CS4 akan menyerhakan sebagian pekerjaan seperti panning, zooming, dan canvas rotation pada GPU. Sebagai tambahan dari fitur di atas, photoshop CS4 extended membuat anda dapat melukis langsung pada objek 3D, juga memberikan tekstur pada gambar 2D.

Anda juga dapat memberikan efek animasi pada objek 3D dengan ray-tracer terbaru untuk menciptkan rendering yang lebih realistik. Parameter seperti pencahayaan dapat juga diedit, juga dapat menggabungkan gambar DICOM ke model 3D untuk keperluan medis.

Sumber : PC Media (www.adobe.com)

OPENOFFICE.ORG 3.0.0 FINAL

OPENOFFICE.ORG merupakan aplikasi alternatif gratis pengganti microsoft office yang untuk sebagian orang kelewat mahal.

OpenOffice.org mempunyai program yang kompatibel dengan aplikasi milik Microsoft Office, seperti word processor, spreadsheet program lengkap layaknya excel dan software presentasi serta gambar yang juga mampu menyimpan dalam bentuk file PDF layaknya PowerPoint.

Sebagai tambahan, OpenOffice.org menawarkan kemampuan cetak dan berbagai macam pilihan untuk koneksi langsung untuk layanan program e-mail eksternal serta form-letter management untuk mengirimkan surat ke alamat-alamat yang terdapat di dalam database.

OpenOffice.org, seperti namanya, merupakan aplikasi office paling terbuka yang ada di pasaran. Anda tidak membutuhkan lisensi komersial, tidak ada batasan bahasa, tersedia untuk berbagai platform komputer, merupakan aplikasi office pertama yang menggunakan format OASIS OpenDocument, serta tersedianya source code gratis di bawah lisensi OSI.

Sangat mudah berpindah dari aplikasi office berbayar ke OpenOffice.org, karena aplikasi ini mampu menjalankan banyak format file office milik kompetitor. OpenOffice,org didukung oleh komunitas global yang terdiri dari ratusan sukarelawan, serta ratusan ribu sukarelawan telah mencoba dan berpartisipasi dalam pengujian versi 2 beta dari OpenOffice.org 3.0.0 final. Bagi anda yang membutuhkan aplikasi office lengkap dan terpercaya, tidak ada salahnya mencoba versi tebaru, OpenOffice.org 3.0.0 final, dijamin anda langsung jatuh cinta.

Sumber : PC Media (www.openoffice.org)


PENGGUNAAN JSON UNTUK PERTUKARAN DATA WEB

XML sudah lama dikenal sebagai format pertukaran data yang banyak digunakan dalam aplikasi web, tetapi bukan berarti satu-satunya. Sekarang, JSON merupakan salah satu alternatif lainnya.

Apakah JSON

Penggunaan XML memang membawa perubahan yang relatif cepat dan signifikan, tetapi apakah masa kejayaan XML tengah menghadapi tantangan dengan munculnya format baru bernama JSON? JSON (dibaca seperti menyebut nama : jason) merupakan singkatan dari JavaScript Object Notation. Seperti juga XML, JSON berupa text-based, dan memiliki format yang mudah dibaca.

Mungkin tidak akan habisnya membandingkan teknologi lama dan baru karena selalu menimbulkan pro dan kontra. Di lain sisi teknologi terus melaju, termasuk dalam teknologi pertukaran data web. Selain JSON yang berorientasi JavaScript, juga telah dikenal YAML yang mengambil konsep dari berbagai bahasa (XML,C,Perl).

Kehadiran sederet markup language/format pertukaran data ini merupakan salah satu cerminan wajah teknologi internet saat ini, jika dulu bahasa pemrograman (ingat zaman pascal, turbo C, kemudian Delphi, visual basic) diarahkan untuk menciptakan aplikasi dari awal, maka sekarang bahasa-bahasa seperti XML, JSON lebih diarahkan untu menjebatanai aplikasi-aplikasi agar dapat saling berkomunikasi.

Masa Depan JSON

Saat ini, penggunaan JSON disokong penuh oleh yahoo!, misalnya melalui yahoo! Pipes yang mengizinkan anda membuat aplikasi web yang diambil dari berbagai sumber. Dauglas Crockford yang mengenalkan JSON itu sendiri merupakan arsitek senior JavaScript di Yahoo!.

Tidak hanya yahoo!, bahasa pemrograman seperti PHP, phyton, Delphi, ASP dan lain-lain juga telah mendukung JSON (daftar lengkapnya dapat dilihat pada wbsite json.org).

Selain itu, statistik pada google trends juga menunjukkan peningkatan kontinyu pencarian keyword JSON, sebagai indikasi kepopularan JSON yang semakin dikenal luas.

Apakah ini pertanda di masa depan yang mungkin tidak terlalu jauh. JSON akan menggeser XML? Ataukah XML masih mampu bertahan, ataukah akan ada format pertukaran data lain yang akan lebih popular dari keduanya ? atau mungkin juga tidak akan ada satupun yang mendominasi secara signifikan mengingat luasnya kebutuhan pasar. Waktu juga yang akan menjawabnya.

Sumber : PC Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar