Sabtu, 25 September 2010

pengaruh internet terhadap keadaan psikologis

Pada zaman yang semakin canggih dan tekhnologi internet menjadi segalanya dalam mempermudah kehidupan manusia banyak dampak positif dan negatif dari perkembangannya itu sendiri dan itu membuat orang psikologi untuk ikut mengomentari tentang hal itu . contohnya , fasilitas internet membuat orang dapat bekerja dari mana saja karena orang dapat berhubungan dengan kantornya dari rumah , mobil , kamar hotel bahkan pesawat . semua pekerjaan itu dapat dilakukan secara jarak jauh . bahkan bank tidak perlu karyawan yang banyak lagi karena segala transaksi dapat dilayani secara elektornik. Dengan kondisi yang seperti itu ruangan kerja yang dibutuhkan semakin sedikit dan itu dapat menghemat pengeluaran. Sekarang orang juga dapat berbelanja online yang dapat dilakukan dimana saja untuk mengaksesnya maka dari itu posisi agen dan distributor semakin terancam karena konsumen dapat berhubungan langsung dengan produsen. Kita juga dapat memesan tiket kapal , pesawat , bis dan kereta api secara langsung dengan menggunakan tekhnologi internet , hal ini menyebabkan biro perjalanan semakin tersaingi dengan adanya tekhnologi internet tersebut . semua hal tersebut dapat mempengaruhi keadaan psikologis setiap orang baik yang menggunakannya ataupun yang tidak . pada orang yang tidak menggunakan tekhnologi tersebut , mereka akan kesulitan dalam menjalani kehidupan di era globalisasi ini yang persaingannya semakin ketat, informasi yang didapatkan bisa dari mana saja dan mereka bisa dibilang menjadi orang yang tertinggal .
Dampak psikologis dari penggunaan internet
Zaman sekarang anak – anak lebih suka menghabiskan waktu berjam – jam untuk bermain game lewat internet dibanding untuk bermain bersama teman – temannya dan itu membuat anak menjadi pasif yang dimana untuk ke depannya mereka akan kesulitan dalam bersosialisasi .
Kita dapat mengakses semua yang ada dengan mudah bahkan tentang seksualitas . gambar , cerita dan video porno dapat dengan mudah kita akses bahkan anak – anak yang masih di bawah umur sekarang suka mengakses hal itu , itu dapat mempercepat proses kematangan seksual pada anak – anak , maka dari itu korban akan kejahatan seksual tahun demi tahun semakin meningkat dengan pesat .
Dengan adanya tekhnologi internet ini pola kehidupan manusia menjadi berubah seharusnya kita dapat dengan bijak dalam menggunakannya supaya kita dapat terhindar dari dampak negatif penggunaan internet tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar