Sabtu, 13 Oktober 2012

Computer Based Information System

System Informasi Manajemen merupakan system pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar sub-sistemnya system informasi manajemen akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

Sistem Informasi Manajemen berbasis computer mengandung arti bahwa computer memainkan peranan penting dalam sebuah system informasi. Secara teori, penerapan sebuah system informasi memang tidak harus menggunakan computer dalam kegiatannya.

Pengertian lain dari sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) adalah system pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.

Tetapi pada prakteknya tidak mungkin system informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya computer. System informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah computer based atau pengolahan informasi yang berbasis pada computer.

Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS yang akan dibahas pada bagian ini antara lain adalah data, informasi, system, system informasi dan basis computer sebagai kata kuncinya.

Data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi atau data merupakan kumpulan-kumpulan fakta yang ada di lapangan tapi tidak berarti.

Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.

System adalah sekelompok elemen yang bekerja sama (terintegrasi) untuk mencapai suatu tujuan atau sasaran tertentu. Organisasi atau perusahaan terdiri dari sejumlah sumber daya yang bekerja menuju tercapainya suatu tujuan tertentu yang ditentukan oleh pemilik atau manajemen.

System informasi merupakan system pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, system informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

System informasi “berbasis computer” mengandung arti bahwa computer memainkan peranan penting dalam sebuah system informasi. System informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada computer.


Sub system dari CBIS adalah :
1. Sistem Informasi Akutansi
2. Sistem Informasi Manajemen
3. Sistem Pendukung Keputusan
4. Automasi Kantor (virtual office)
5. System pakar

Kontribusi CBIS
Saat ini system informasi merupakan isu yang paling penting dalam pengendalian manajemen. Hal ini disebabkan karena tujuan dari pengendalian manajemen adalah untuk membantu manajemen dalam mengkoordinasi subunit-subunit dari organisasi dan mengarahkan bagian-bagian tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan. Dua hal yang menjadi perhatian dari definisi diatas adalah mengkoordinasi dan mengarahkan. Tentu saja dalam dua proses tersebut diperlukan satu system agar proses koordinasi dan pengarahan dapat berjalan secara efektif sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

EVOLUSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

1. Fokus awal pada Data (Electronis Data Processing-EDP)
Didukung dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines, dan perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya. Aplikasi yang digunakan system informasi akutansi (SIA).

2. Focus baru pada Informasi (Manajemen Information System-MIS)
Seiring dengan diperkenalkannya generasi baru alat penghitung yang memungkinkan pemrosesannya lebih banyak. Hal tersebut diorientasikan untuk konsep penggunaan computer sebagai system informasi manajemen (SIM), yang berarti bahwa aplikasi computer harus diterapkan dengan tujuan utama untuk menghasilkan informasi manajemen.

3. Fokus Revisi pada Pengambilan Keputusan (Decision Support System-DSS)
Merupakan hal yang berbeda dengan konsep SIM. DSS adalah system penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan serta diambil keputusannya oleh manajer.

4. Fokus sekarang pada Komunikasi (Office Automation-AO)
OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik. OA telah berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh (teleconference), voice mail, e-mail (surat elektronik), electronic calendaring, facsimile transmission, dan desktop publishing. Istilah lainnya dalam menggunakan semua aplikasi AO tersebut dinamakan dengan kantor virtual (Virtual Office).

5. Fokus potensial pada Konsultasi (Artificial Intelligence/ Expert system – AI/ES)
Ide dasar Al adalah computer dapat di program untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia. System pakar adalah suatu system yang berfungsi sebagai seorang spesialis dalam suatu bidang. System yang menggambarkan segala macam system yang menerapkan kecerdasan buatan untuk pemecahan masalah dinamakan dengan system berbasis pengetahuan (knowledge-bases systems).

Referensi :

1. Teguh Wahyono, http://www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2006/09/teguh-cbis-01.zip

2. Sri Wiji,
http://sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/18256/Modul+1+SIM.doc

3. Samruddin, http://samruddin.blogspot.com/2010/10/evolusi-cbis.html

4. http://greeaone.wordpress.com/2010/10/09/evolusi-sistem-informasi-manajemen-berdasarkan-cbis/

5. Fardiansyah, http://fardiansyah7fold.wordpress.com/evolusi-sistem-informasi-manajemen-berdasarkan-cbis-computer-base-information-system/

6. Akmal Darmawan Syarief, http://akmaldarmawansyarief.blogspot.com/2009/11/cbis-computer-based-information-system.html

7. Lisna, http://li3zn4-lisna.blogspot.com/2009/04/perkembangan-sistem-informasi-berbasis.html

8. http://kibaw90.wordpress.com/2010/01/09/kesimpulan-dari-pelajaran-sim-1/

9. Edriansa Banari, http://edriansabanari.blogspot.com/2009/12/cbis-computer-based-information-system.html

10. Erlangga Wibowo, http://actualizedream.blogspot.com/2010/10/evolusi-cbis.html?zx=de581d861a0cb24d

11. http://books.google.co.id/books?id=VFFQD2eHGYYC&pg=PA142&dq=pengertian+CBIS+menurut+beberapa+ahli&hl=id&ei=FrK3TJGOAsPBcZO_4Z8J&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=1&ved=0CCUQ6AEwAA#v=onepage&q&f=false

Tidak ada komentar:

Posting Komentar