Sabtu, 27 Oktober 2012

Artificial Intellegence

Artificial Intelligence merupakan proses dimana peralatan mekanik dapat melaksanakan kejadian-kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasan seperti manusia.

Sejarah Dari AI

Pada awal abad 17, Rene Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat deprogram.

Betrand Russel dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang ngerombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan “kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam aktivitas”. Pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.

Tahun 1950-an, Alan Turing mengusulkan tes untuk melihat bisa atau tidaknya mesin memberikan respon terhadap serangkaian pertayaan (agar mesin dapat dikatakan cerdas).
Istilah “Artificial Intelligence” dimunculkan oleh John McCrthy (MIT), tahun 1956 pada Dartmouth Conference. Dalam konferensi itu juga didefinisikan tujuan AI, yaitu mengetahui dan memodelkan proses-proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakuan manusia tersebut.

Awal pekerjaan dipusatkan pada seperti game playing (misalnya: audio dengan kecerdasan dan permainan catur (chees player), pembuktian teorema pada tugas-tugas formal.

Samua (1963) menulis sebuah program yang diberi nama check-er-playing program, yang tidak hanya untuk bermain game, tetapi digunakan juga pengalamannya pada permainan untuk mendukung kemampuan sebelumnya.

Catur juga diterima, karena banyak sekali perhatian terhadap permainan catur yang merupakan permainan yang lengkap atau kompleks, program catur di sini situasinya harus jelas dan rule atau ketentuannya harus seperti dunia nyata. Kandidat AI harus mampu menangani masalah-masalahyang sulit.

Logic Theorist diawal percobaan untuk membuktikan teorema matematika. Ia mampu membuktikan beberapa teorema dari bab 1 prinsip Matematika Whiteheat yaitu geometri.
Pada tahun 1963, pemecahan masalah umum menggunakan objek, pembuktian dengan atraksi (eksternal).

Dari awal pekerjaan AI ini memindahkan lebih khusus tugas yang sering berguna, antara lain :

a. Tugas biasa / keduniaan (Mundane Tasks)
1. Persepsi : vision, speech
2. Natural Language : understanding, generation, translation
3. Commonsence Reasoning (pertimbangan berdasarkan pikira):robot control
b. Tugas Formil (formal tasks)
1. Games : chess, checkers
2. Matematics : geometri, logic, proving properties of programs
c. Tugas Ahli (Expert Tasks)
1. Tekhnik : design, fault diagnosis, planning
2. Scientific analysis
3. Medical : diagnosis & therapy

Artificial Intelligence (AI) dan Kognisi Manusia

Artificial Intelligence, computer dan program-programnya yang menakjubkan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidup manusia.

Kecerdasan buatan, cabang ilmu computer yang berhubungan dengan pengembangan computer (hardware) dan program-program computer (software) yang mampu meniru fungsi kognisi manusia.

Kecerdasan buatan mencakup hasil dari produk computer yang dinilai cerdas jika dihasilkan oleh manusia.

Intelegensi adalah kemampuan untuk memperoleh, memanggil kembali (recall), dan menggunakan pengetahuan untuk memahami konsep-konsep abstrak maupun konkret dan hubungan antara objek dan ide, serta menerapkan pengetahuan secara tepat.

Nickerson, Perkins & Smith (1985), beberapa kemampuan yang mempresentasikan intelegensi manusia :

a. Kemampuan mengklasifikasikan pola
b. Kemampuan memodifikasi perilaku secara adaptif
c. Kemampuan berpikir secara deduktif
d. Kemampuan berpikir secara induktif (generalisasi)
e. Kemampuan mengembangkan dan menggunakan model konseptual
f. Kemampuan memahami atau mengerti

ELIZA, PARRY, dan NETtalk


Tahun 1950an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di Unviersity Of Manchester (UK). Sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christoper Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarty membuat istilah “kecerdasan buatan” pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan “Turing tes” sebagai sebuah cara untuk mengopersionalkan tes perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membaun ELIZA sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterpai Rogerian. ELIZA merupakan salah satu program computer pertama yang mampu berkomunikasi, ELIZA ditulis oleh Joseph Weizenbaum (1966).

PARRY Colby, Hilf, Webber dan Kraemer (1972) mensimulasikan seorang pasien, dan menyebut program ini PARRY, karena ia mensimulasi seorang pasien paranoid. Mereka memilih seorang paranoid sebagai subyek karena beberapa teori menyebutkan bahwa proses dan sistem paranoia memang ada, perbedaan respon psikotis dan respon normalnya cukup hebat, dan mereka bisa menggunakan penilaian dari seorang ahli untuk mengecek keakuratan dari kemampuan pemisahan antara respon simulasi computer dan respon manusia.

NETtalk program ini jenisnya cukup berbeda, berdasarkan oada jarring-jaring neuron, sehingga dinamakan NETtalk. Program ini dikembangkan oleh Sejnowki disekolah medis Harvard dan Rosenberg di Universitas Princeton. Dalam program ini, NETtalk membaca tulisan dan mengucapkannya keras-keras.

Referensi :

1. https://webdosen.budiluhur.ac.id/dosen/930011/Kuliah/buku_AI.PDF
2. http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&ved=0CCEQFjAB&url=http%3A%2F%2Fjournal.mercubuana.ac.id%2Fdata%2F1a-AI.doc&ei=kWWKUP7ELIizrAeUo4GYAw&usg=AFQjCNGs6DiHHrQLv4f4TBkQwb5YmYpOuw&sig2=hHtkvByil1GQf1VZbWFFJg
3. http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/451/jbptunikompp-gdl-enjelwijay-22502-2-unikom_e-i.pdf
4. http://informatika-unkris.ac.id/img/buku/sistem-pakar-5.pdf
5. http://herianto.unsada.ac.id/wp-content/uploads/2008/05/membuat-prototype-sistem-pakar.pdf
6. http://psikology09b.blogspot.com/2011/06/kecerdasan-buatan.html
7. http://juniditha.wordpress.com/2012/10/26/sistem-informasi-psikologi-5-sejarah-ai-ai-dan-kognisi-manusia-ai-dan-sistem-pakar/
8. http://neezasty.wordpress.com/2011/09/29/kecerdasan-buatan-artificial-intelligence/#more-554
9. http://pengertiandaninfo.blogspot.com/2012/10/sejarah-artificial-intelligence.html
10. http://www.psychologymania.com/2011/10/artificial-intelligence-kecerdasan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar