Minggu, 21 Oktober 2012

DATA

DATA

Kata data berasal dari DATUM yang berarti materi atau kumpulan fakta yang dipakai untuk keperluan suatu analisa, diskusi, presentasi ilmiah, atau tes statistic. Bila dilihat dari menurut asal sumbernya, data dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu data primer dan data sekunder. Sehingga setiap penelitian pasti memerlukan data sebagai bahan analisa.

MEMORI

Memori merupakan bagian dari computer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti computer yang digunaka sebagai media penyimpanan data dan informasi saat menggunakan computer. Memori merupakan bagian yang penting dalam computer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Processing Unit).

Memori utama computer (Main Memory atau Main Storage atau Primary Storage) dapat diumpamakan Short Term Memory pada manusia, sehingga hanya bersifat amat sementara (ingatan hilang bila listrik dipadamkan/ bersifat volatile). Untuk menjadikannya Long Term Memory, maka data yang akan diingat direkam ke media penyimpanan sekunder (secondary memory). Banyak alat yang ditawarkan untuk menyimpan data digital, seperti hard disk, disket, magnetic tape, compact disc, dan sebagainya.
Secara umum, media penyimpanan sekunder dibagi atas 2 jenis, yaitu (1) Sequential Access Storage Device (SASD), dan (2) Direct Access Storage Device (DASD).

SASD

SASD akses data secara tidak langsung (berurutan), seperti pita magnetik memiliki prinsip kerja seperti sebuah kaset lagu, yaitu jika kita akan merekam atau mendengarkan lagu, maka lagu kedua didahului lagu pertama, dan seterusnya. Cirri-ciri dari SASD ini adalah proses pembacaan rekaman harus berurutan, tidak ada pengalamatan, data disimpan dalam blok-blok secara sequential, proses write hanya bisa dilakukan sekali saja, kecepatan akses datanya, sangat tergantung (kerapatn pita, kecepatan pita, dan lebar celah/gap antar blok). Kelemahan dari SASD ini adalah akses langsung terhadap data lambat, memerlukan penafsiran terhadap mesin, masalah lingkung. Keuntungan dari SASD ini panjang record tidak terbatas, densitas data tinggi, harga relative murah, kecepatan transfer data tinggi.

DASD

DASD dimana ia mempunyai akses langsung terhadap data. Memiliki prinsip kerja seperti sebuah CD lagu, kita tidak perlu menyetel lagu pertama jika ingin mendengarkan lagu kedua. Contoh : Magnetik (Floppy disk, hard disk), Removable hard disk (zip disk, flash disk), optical disk. DASD ini memiliki ciri pembacaan rekaman tidak harus urut, mempunyai alamat, data dapat disimpan dalam karakter atau blok, proses write dapat dilakukan beberapa kali.

BATCH PROCESSING

Batch Processing adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut, setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu data-data tersebut akan langsung diproses.

Contoh dari penggunaan batch processing adalah email dan transaksi batch processing. Dalam suatu system batch processing, transaksi secara individual di entri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu dan ditambahkan ke transaksi file yang berisi transaksi lain dan kemudian di entri ke dalam system secara periodic. Di waktu kemudian, selama siklus pengolahan berikutnya, transaksi file dapat divalidasi lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk mengupdate master file yang berkaitan.

ONLINE PROCESSING

Online Processing merupakan sebuah system yang mengaktifkan semua peripheral sebagai pemasok data dalam kendali computer induk. Informasi-informasi yang muncul merupakan refleksi dari kondisi data yang paling mutakhir, karena setiap perkembangan data baru akan terus diupdatekan ke data induk.

Contoh dari penggunaan processing adalah transaksi online (e-commerce, ebay, internet banking, reservation ticket, pendaftaran online, dll). Dalam system pengolahan online, transaksi secara individual di entri melalui peralatan terminal, divalidasi dan digunakan untuk mengupdate dengan segera file computer. Hasil pengolahan ini kemudian tersedia segera untuk permintaan keterangan atau laporan.

Salah satu contoh perkembangan online processing (e-commerce) perkembangan tekhnologi saat ini sangatlah pesat. Kebutuhan masyarakat akan informasi pun meningkat seiring berkembangnya tekhnologi informasi. Perkembangan tekhnologi informasi yang paling berkembang di masyarakat saat ini adalah tekhnologi jaringan internet yang bisa memenuhi kebutuhan akan informasi dengan cepat.

REAL TIME

Real time merupakan kondisi pengoperasian dari suatu system perangkat keras dan perangkat lunak yang dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggang waktu yang jelas, relative terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi terjadi. Sebuah system non waktunyata sebagai lawannya tidak memiliki tenggang waktu, contoh dari sebuah system waktu nyata adalah system pengendali pesawat terbang. Batasan waktu pada system pengendali pesawat terbang harus tegas karena penyimpangan terhadap batasan waktu dapat berakibat fatal yaitu kecelakaan. Real time adalah keadaan yang sedang berjalan, apa yang kita rasakan, dengarkan dan lihat pada saat itu. Situasi waktu nyata akan menjadi jelas bila kita menga,bil studi kasus pada system computer. Suatu system dikatakan real time jika dia tidak hanya mengutamakan ketepatan pelaksanaan intuksi/tugas tapi juga interval waktu tugas tersebut dilakukan. Dengan kata lain, system real time adalah system yang menggunakan deadline, yaitu pekerjaan harus selesai jangka waktu tertentu. Sementara itu system yang tidak real time adalah system dimana tidak ada deadline walaupun tentunya respons yang cepat atau performa yang tinggi tetap diharapkan.

Referensi :

1. http://carapedia.com/pengertian_definisi_data_menurut_para_ahli_info505.html
2. Isnaeni Nurezha, http://ichnurezha.wordpress.com/2011/03/04/perbedaan-batch-processing-dan-online-processing/
3. Cyrillus Dodi, http://cyrillusdodi.blogspot.com/2011/11/pengertian-pemrosesan-data-real-time.html
4. Amethyst Aiko, http://amethyst070188.wordpress.com/2010/10/10/memory-komputer-sedikit-tentang-dasd-dan-sasd/
5. Fitria Dewi, http://sempak-dewidewi.blogspot.com/2010/10/sasd-penyimpanan-berurutan-dasd.html
6. http://indirpan.wapsite.me/Slide%20BSI/Pemrograman%20Terstruktur/12.Organisasi%20dan%20Akses%20File
7. http://jayaputrasbloq.blogspot.com/2010/12/definisi-atau-pengertian-real-time.html
8. http://www.isomwebs.com/2012/pengertian-real-time/
9. http://beritati.blogspot.com/2010/11/batch-processing-and-online-processing.html
10. http://bhagoybhagoy.blogspot.com/2010/05/batch-processing-dan-online-processing.html
11. Suyanto. (2005). Pengantar teknologi informasi untuk bisnis. Yogyakarta Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar