Sabtu, 06 Oktober 2012

Hubungan Arsitektur Komputer dengan Kognisi Manusia

ARSITEKTUR KOMPUTER

Arsitektur computer mempelajari atribut-atribut system computer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Ex. Set instruksi, aritmatika yang digunakan, tekhnik pengalamatan, mekanisme.

Arsitektur computer merupakan ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah computer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Sampai saat ini computer sudah mengalami perubahan dari model awalnya walaupun begitu semua computer memiliki arsitektur dasar yang sama.

Arsitektur computer merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu system computer, kompleks namun tidak sekompleks manusia. Arsitektur computer ini merupakan rencana deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan system interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll. Beberapa contoh dari arsitektur computer adalah arsitektur Von Neumann, CISC, RISC.

Arsitektur computer meliputi spesifikasi sekumpulan instruksi dan unit hardware yang melaksanakan instruksi tersebut. Bayak aspek pemrogaman dan komponen software dalam system computer. Sangatlah penting mempertimbangkan aspek hardware dan software pada desain berbagai computer guna mencapai pemahaman yang baik pada suatu system computer. Memperkenalkan sejumlah konsep hardware dan software, menampilkan beberapa istilah umum dan memberikan pandangan umum tentang aspek dasar subjek tersebut. Arsitektur yang dimaksud adalah untuk menggambarkan keseluruhan struktur dan susunan hal yang sangat khusus pada system kognisi manusia.

KOGNISI MANUSIA

Struktur kognisi terdiri dari 2 kata yaitu struktur dan kognisi. Menurut Piaget, struktur disebut juga scheme (skema/schemas). Struktur dan organisasi terdapat di lingkungan tapi pikiran manusia lebih dari meniru struktur realita eksternal secara pasif. Interaksi pikiran manusia dengan dunia luar mencocokan dunia ke dalam “mental framework” nya sendiri.

Struktur kognisi manusia adalah suatu unsure yang saling berhubungan antara satu sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsure bagian-bagian tubuh manusia yang menjadikan suatu system yang kompleks.

Menurut seorang tokoh yang bernama Ausabel ia mengemukakan bahwa struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan. Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan factual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur atau pengetahuan pun akan terus berkembang. Keadaan struktur kognitif yang berkembang inilah yang mungkin menjadi prasyarat bagi seseorang yang untuk mengasimilasi dan mengakomodasi pengetahuan atau informasi lain dari lingkungan sehingga struktur kognitif ini dapat memiliki kemampuan untuk berkembang.

Kognisi manusia adalah suatu unsure yang saling berhubungan antara satu sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi skema.
System kognisi terdiri dari lima proses mental, yaitu : memahami, mengevaluasi, merencanakan, memilih, dan berpikir. Proses memahami adalah proses menginterpretasi atau menentukan arti dari aspek tertentu yang terdapat dalam sebuah lingkungan. Mengevaluasi berarti menentukan apakah sebuah dalam lingkungan tertentu itu baik atau buruk, positif atau negative, disukai atau tidak disukai. Merencanakan berarti menentukan bagaimana memecahkan sebuah masalah untuk mencapai suatu tujuan, memilih berarti membandingkan alternative solusi dari sebuah masalah dan menentukan alternative terbaik, sedangkan berpikir adalah aktifitas kognisi yang terjadi dalam ke empat proses yang disebutkan sebelumnya.

HUBUNGAN ARSITEKTUR KOMPUTER DENGAN ARSITEKTUR MANUSIA

Kognisi manusia mempunyai kemampuan yang bagus tapi kognisi manusia juga memiliki banyak kekurangan . maka dari itu diciptakan kecerdasan buatan yaitu computer. Computer itu dibuat sesuai dengan system kognisi manusia dan itu dinamakan sebagai arsitektur computer yang terdiri dari CPU, input, storage dan output digunakan untuk memproses data. Sama halnya dengan cara kerja kognisi manusia dari informasi yang diperoleh (input) kemudian diproses oleh otak (storage) dan kemudian memanggil informasi yang telah diperoleh (output).

Sumber :
1. Yohanes Ari http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognisi-manusia-dan-arsitektur-komputer/
2. Muhammad Alifa Farhan, http://omalif.tumblr.com/post/26394364372
3. Ahmad Fauzi, http://ozygazebo.blogspot.com/2011/10/arsitektur-komputer.html
4. Hsutanto, http://mikrokontroler.tripod.com/6805/bab3.htm
5. Trisatya Marthadison, http://joglio.blogspot.com/2011/10/tugas-organisasi-danaksitektur.html#.UGenoJgmSaU
6. Abdul Hafiz, http://yangmantapajadeh.blogspot.com/2010/11/arsitektur-komputer.html
7. JurnalMercubuana, http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=arsitektur%20komputer&source=web&cd=13&cad=rja&sqi=2&ved=0CHUQFjAM&url=http%3A%2F%2Fjournal.mercubuana.ac.id%2Fdata%2FARSITEKTUR%2520%2520KOMPUTER1.doc&ei=caRnUKrCNI3OrQf56IHwDg&usg=AFQjCNHhkPUhW_wf2xPZbYNg1xJ4NK_7qg
8. Asih, http://asihpa3.wordpress.com/about/
9. Lisa Nofrianti, http://lisanofrianti.blogspot.com/2012/04/perbedaan-struktur-kognisi-manusia-dan.html
10. Ekky, http://ekky-psikologi08.blogspot.com/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognisi.html
11. http://books.google.co.id/books?id=2aXEg7DtCS0C&pg=PA7&lpg=PA7&dq=arsitektur+komputer&source=bl&ots=&sig=dwsM60YniwxW0VcLI4rZnDYUc6I&hl=id&sa=X&ei=TFBuUNSyCcuIrAfG3oCICg&ved=0CCwQ6AEwAA#v=onepage&q=arsitektur%20komputer&f=false
12. http://books.google.co.id/books?id=Z3LWS-xbTv4C&pg=PA53&lpg=PA53&dq=kognisi+manusia&source=bl&ots=4NEyvYYbKO&sig=VrOfXnXoCdUz1SbC8hkLbcgIrtA&hl=id&sa=X&ei=vlJuUK3YBY7KrAeA2IGIBQ&ved=0CEAQ6AEwBA#v=onepage&q=kognisi%20manusia&f=false

Tidak ada komentar:

Posting Komentar